Mengganti Teks "Start" pada Tombol Start di Windows

Iseng-iseng blogging, eh nemu artikel yg boleh jg untuk dicoba.Bagi yg belum nyoba, yuk mari qt praktekkan, bagi yg sudah, praktek lagi juga boleh lo...hehehe..;-)
Ternyata eh ternyata qt bs mengganti tulisan "Start" yang ada di tombol start di windows menjadi tulisan-tulisan unik sesuai yang anda inginkan, misalnya menjadi nama anda(biasanya yg narsis2 gt..:-Dv). Gimana caranya, berikut liputannya.


Windows XP punyafitur yang dinamakan Windows File Protection. Apa itu? Yaitu fitur untuk memproteksi file system agar terhindar dari pemodifikasian. Untuk itu kita perlu mendisable Windows File Protection ini agar file yang diedit tidak perlu diganti oleh Windows. File yang akan kita edit adalah Explorer.exe, yang diproteksi juga oleh Windows File Protection. Kita dapat mengedit Explorer.exe jika Explorer.exe tidak lagi menjadi bagian dari Windows File Protection. Program yang digunakan adalah Resource Hacker. Tool ini sejenis program hex editor yang bisa digunakan untuk mengubah teks bitmaps dsb dalam file-file program. So, bisa juga digunakan untuk mengganti tulisan "Start" pada tombol start di Windows.

Caranya adalah,first adalah dengan mengeluarkan explorer dari file protection. Second, mendisable Windows File Protection agar file yang diedit tidak perlu diganti oleh Windows.

Untuk mendisable Windows File Protection adalah dengan mengetik %systemroot%\system32\Restore pada Run.

Maka akan muncul jendela Restore yang berisi file filelist.xml.
 
JIka tidak tidak terdapat file filelist.xml lakukan perintah berikut ini:
  • Pada jendela Restore klik Tools -> Folder Option ->View. 
  • Hilangkan tanda cawang pada "Hide protected operating system file (recommend)".
  • Klik pada bagian "Show hidden files and folders".
  • Hilangkan tanda cawang pada "Hide extensions for unknown file types".
  • Ok.
Setelah muncul file filelist.xml pada jendela restore, klik kanan file tersebut, kemudian klik properties. Hilangkan tanda cawang pada "Read-only".Ok.
Dengan seperti ini kita bisa mengedit filelist.xml. File ini dapat dibuka dengan notepad.



Next ketikkan "%systemroot%\system32\dllcache" pada Run, maka akan muncul jendela dllcache. Cari dan Hapus file Explorer.exe. Untuk mengedit Explorer.exe ini adalah dengan menjalankan Resource Hacker. Program ResHacker.exe dapat didownload di sini.

Pada jendela ResHacker klik File->Open-> Explorer.exe yang berlokasi di C:\windows\explorer.exe.
Untuk mengubah teks "Start" pada tombol start lakukan perintah berikut ini:
  • String Table > 37 > 1033.
  • Mengganti teks "start" pada jendela kanan dengan tulisan yang diinginkan, misalnya "Monggo". Setelah itu tekan tombol Compile Script.
  • String Table > 38 > 1033.
  • Mengubah teks "start" dengan "Monggo", kemudian tekan tombol Compile Script.
  • Simpan perubahan agar perubahan berdampak ke system (file > save).
  • Restart komputer.
Hasilnya adalah....
Sudah berhasilkah anda ???

0 komentar:

Posting Komentar